Jumat, 31 Juli 2009

Ide Bisnis Perawatan Akuarium

Hallo Pembaca, saya kembali lagi dengan artikel terbaru tentang ide bisnis. Yang akan saya bahas kali ini adalah bisnis perawatan akuarium!

Bisnis yang cukup simpel tetapi bila dijalani mungkin menghasilkan keuntungan yang lumayan juga.. Jadi bila dilihat ide awalnya, bisnis ini pada dasarnya adalah merawat ikan (dan juga binatang lain) dan juga memberikan jasa merawat akuarium.

Jika anda menyukai ikan hias, baik itu ikan hias air tawar atau ikan hias laut maka tentunya anda senang dengan suasana sebuah akuarium yang menampilkan ikan yang berwarna-warni, lambaian tumbuhan air ataupun koral-koral yang hidup. Nah, bila memang pada dasarnya anda hobi dengan hal seperti ini mungkin bisnis ini cocok untuk anda.

Gambaran dasar apa yang bisa ditawarkan dalam jasa ini antara lain: membersihkan tanki akuarium, pemberian makan, perawatan kesehatan ikan dan makhluk lainnya, jasa desain lanskap akuarium, servis akuarium, bahkan jual beli ikan hias sendiri bisa anda lakukan.

Bisnis ini anda dapat mulai dengan modal yang rendah tapi anda harus berpikir dua kali untuk memulai Jika anda tidak benar2 menyayangi ikan. Maksud saya, setidaknya anda harus memiliki pengalaman memelihara ikan ataupun pengetahuan yang luas mengenai dunia akuarium.

Oke sekarang kita bahas, siapa sih calon klien kita?? Ternyata banyak sekali yang bisa dijadikan klien potensial di luar sana. Pernah anda melihat aquarium di perkantoran, restoran ataupun di ruang dokter? Nah saya kira mereka2 ini bisa kita datangi untuk kita tawarkan jasa kita karena bila ternyata mereka merawat ikannya sendiri, saya kira waktunya mungkin tidak cukup bagi mereka! Selain klien potensial tadi, pemelihara akuarium rumahan juga pastinya calon klien juga dong.

Bagaimana strategi bisnis anda ya?

Mungkin anda harus menjalin relasi yang luas dengan penjual ikan hias dan anda juga dapat bergabung dalam milis atau forum penggemar akuarium di internet. Dengan cara itu anda bisa menawarkan jasa anda atau sedikitnya numpang promosi melalui mereka. Tapi anda juga harus memiliki trik advertising lain, seperti iklan di koran, di forum webiste dan lain-lain. Pastikan juga anda punya kartu nama tentang usaha anda.

Peralatan yang diperlukan apa ya?? hmm.. saya kira anda harus menyiapkan berbagai alat seperti serokan, selan sifon, obat2an untuk ikan dan lain2.

Pastikan anda juga membaca berbagai macam literatur agar anda siap menghadapi kondisi dan berbagai macam kasus di akuarium tempat klien.

Mungkin sekian dulu tips saya.. semoga menyenangkan bagi Anda.

Salam,

Roffi “Ide Bisnis”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar