Jumat, 31 Juli 2009

Usaha Toko Ikan Hias

Pembaca, memelihara ikan barangkali adalah sebuah kegiatan yang memiliki keasyikan sendiri, dan bilamana Anda salah satu yang menyukai hobi ini, mungkin Anda cocok juga untuk memulai usaha toko ikan hias. Ikan hias di Indonesia sendiri sangat beraneka ragam dan tentunya tiap jenis ikan memiliki pesona masing2 yang menarik pembeli.

Bila Anda sudah tertarik untuk membuka usaha toko ikan hias, maka Anda harus menyiapkan berbagai sarana dan prasarana yang mendukung untuk usaha Anda. Pertama barangkali Anda harus menyiapkan tempat berjualan Anda, dan usahakan lokasi berada di tempat yang strategis bagi pembeli. Hal berikutnya yang perlu disiapkan adalah sarana antara lain akuarium, air, peralatan penunjang seperti blower (penyedia udara), saringan air, pompa submersibel dan rak-rak untuk akuarium Anda. Jumlah dan jenis peralatan tadi bisa disesuaikan dengan modal Anda. Bagaimana cara merancang peralatan tadi sebetulnya saya tidak akan terlalu jauh membahas di sini, tetapi Anda bisa membayangkan toko Anda seperti apa kelak dengan cara misalnya mengunjungi toko ikan hias di kota Anda. Memang perlu sedikit kreativitas namun itu bukan penghalang untuk memulai usaha kan?

Setelah anda mengatur prasarana tentunya Anda membutuhkan barang untuk dijual kan. Pertama ya ikan kali.. Nah, perlu Anda mencari dimana sumber ikan yang murah untuk dijual lagi (biasanya kita beli di petani ikan tuh). Cari tahu apakah di kota Anda ada sentra peternak ikan hias dan kalau tidak menemukan Anda bisa mencari informasi di internet mengenai keberadaan peternak ikan hias. Setelah Anda mendapatkan link petani ikan, Anda tentukan jenis ikan yang mau anda jual.. cukup banyak jenis ikannya ya.. kalo kita bicara ikan hias air tawar maka ikan yang ada antara lain ikan mas koki, ikan manfish, ikan neon tetra, ikan sumatra, ikan botia bahkan ikan buntal air tawar (hehehe). Sebetulnya peternak ikan hias bisa dicari informasinya di Dinas Perikanan dan Kelautan di kota Anda ya. maka tentunya Anda harus siap untuk menyiapkan berbagai jenis ikan hias sebagai jualan Anda.

Setelah Anda mendapatkan ikan jangan lupa menaruh ikan tersebut di akuarium terpisah (ya iyalah) sesuai jenis masing2, dan usahakan perawatannya maksimal antara lain pemberian pakan, pencegahan penyakit ikan hias dan penggantian air. Apa lagi yang bisa Anda jual di toko akuarium, ya anda bisa juga menjual peralatan akuarium seperti blower, heater, batu akuarium, wallpaper akuarium, jadi cukup banyak ya yang bisa dijual. Untuk mendapatkan barang-barang tersebut Anda bisa mencari di pusat penjualan perlengkapan akuarium.

Oke mungkin demikian ide saya kali ini mudah2an anda masih semangat untuk tetap berbisnis…

Jika ingin baca ide bisnis/ide usaha yang berkaitan dengan akuarium, saya juga pernah menulis tentang ide bisnis perawatan akuarium dan ide bisnis rental akuarium

makasih ya!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar