Jumat, 31 Juli 2009

Ide Bisnis Rental Akuarium

Dulu saya pernah menulis tentang bisnis perawatan akuarium, nah sekarang saya ingin menawarkan konsep bisnis yaitu rental akuarium!

Sebetulnya ide dasarnya adalah kebutuhan klien untuk meningkatkan keindahan ruang perkantoran ataupun usahanya dengan cara memasang akuarium lengkap dengan ikan serta desain aquascaping yang menarik. Biasanya sih kalo orang yang memiliki modal dan memang berniat merawat akuarium tersebut tidak segan untuk mengeluarkan uang untuk investasi akuarium dan peralatannya, namun banyak pula klien kantoran yang memang tidak memiliki waktu untuk hal semacam ini sehingga urusan akuarium pun bisa jadi peluang usaha bagi orang lain. Usaha itu adalah usaha penyewaan akuarium lengkap dengan jasa perawatan akuariumnya.

Untuk memulai usaha ini sebetulnya bisa dilakukan oleh siapa saja namun keterampilan utama yang harus dimiliki adalah kemampuan untuk mengetahui jenis ikan hias maupun tanaman hias yang menarik perhatian. Cara perawatan ikan pun harus diketahui mengingat ikan rentan dengan hama penyakit yang menyerangnya (bila tidak diurus semestinya lho).

Modal yang harus dimiliki adalah lahan untuk memelihara ikan beserta peralatan akuarium yang akan disewakan. Biasanya akuarium yang disewakan berukuran besar (misalnya panjang 1 hingga 2 meter) dengan desain yang menarik, oleh karena itu anda harus menyiapkan akuarium tersebut.

Nah untuk berhubungan dengan klien, biasanya klien akan menawarkan kontrak rental akuarium selama waktu tertentu dengan bayaran tertentu. Berikutnya sih untuk mendapat klien, anda harus melakukan kegiatan promosi dong untuk mengenalkan usaha anda pada klien yang berminat.

Mungkin demikian ide saya hari ini, semoga menginspirasi Anda!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar